AQIQAH MAGELANG AL-KAUTSAR

Jasa Layanan Catering Aqiqah Magelang Terbaik yang Direkomendasikan Warga Magelang

6 Fadhillah Aqiqah Menurut Islam


6 Fadhillah Aqiqah Menurut Islam 



Definisi aqiqah menurut segi bahasa berarti memotong, aqiqah sendiri artinya adalah sembelihan untuk bayi, sebagai wujud rasa sykur orang tua terhadap kelahiran sang bayi. Lalu apa saja fadhillah atau keutamaan aqiqah menurut Islam?

Aqiqah menurut Islam sendiri hukumnya adalah sunnah mu’akadah. Adapun bagi orang tua yang merasa mampu, sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah. Pelaksanaan aqiqah sendiri adalah hari ketujuh dari kelahiran sang anak.


Pengertian Aqiqah

Secara syara’ kata aqiqah artinya adalah memotong kambing dalam rangka mensyukuri kelahiran sang anak. Aqiqah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran anak tersebut.

Melaksanakan aqiqah merupakan sebuah pengamalan terhadap sunnah nabi. Selain itu aqiqah juga merupakan bukti bahwa seorang muslim mengikuti tradisi umat Islam terdahulu.

Sebelum Islam datang, orang Arab juga telah memiliki tradisi mengaqiqahkan anak mereka. Hanya saja tradisi orang Arab pada masa Jahiliyyah dulu mau melakukan aqiqahkan hanya untuk bayi laki-laki saja.

Sementara itu cara mengaqiqahinya pun dengan melumuri darah kambing pada bayi mereka. Lalu setelah Rasulullah SAW diutus, beliau tetap membiarkan tradisi aqiqah itu bahkan melakukannya serta menganjurkan kaum muslim untuk melakukannya.

Hanya saja Rasulullah mulai mengubah tradisi orang jahiliyah. Dari yang dahulu sang bayi dilumuri darah menjadi hanya mencukur dan memberinya nama. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad.

“Semua anak bayi akan tergadaikan dengan aqiqahnya pada hari ketujuh ia dilahirkan. Maka sembelihlah hewan (kambing), berilah nama dan cukur rambutnya.” 
[Hadis Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad]



6 Fadhilah Aqiqah

1. Mendapat Pahala

Melaksanakan aqiqah akan mendapat pahala karena melaksanakan sunnah Rosul. Apalagi jika daging olahan aqiqah diberikan kepada fakir miskin, yatim piatu dan orang-orang yang berhak lainnya, akan bertambahlah pahala seseorang yang melaksanakan aqiqah.

2. Melaksanakan Sunnah Nabi

Aqiqah juga sama halnya seorang muslim melaksanakan sunnah Rasul. Ya, melaksanakan aqiqah sama halnya membuktikan jika seorang muslim mencintai Nabi Muhammad dan juga mencintai Islam. Mengapa bisa dikatakan demikian? Sebab semua sumber dasar Islam ada pada Al Quran dan As Sunnah, di mana aqiqah adalah salah satu isi yang ada di dalam sunnah Nabi.

3. Menghilangkan kotoran dan Penyakit

Ketika melakukan aqiqah, maka selain menyembelih orang tua juga mencukur rambut sang bayi. Aqiqah yang disertai dengan mencukur rambut sang bayi sama halnya dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit.

4. Meningkatkan ibadah seorang muslim kepada Allah SWT

Pada acara aqiqah pada umumnya disertai pula dengan khataman al quran 30 juz. Jika tidak diiringi dengan khataman biasanya disertai dengan pembacaan yasin, tahlil, doa-doa dan lain sebagainya. Hal itulah yang akan membuat seorang muslim bisa lebih meningkat rasa cinta dan ibadahnya kepada Allah.

5. Mendoakan sang anak

Selain mencukur dan memberi nama, aqiqahpun juga disertai doa-doa untuk mendoakan bayi. Doa-doa yang diamini oleh orang yang hadir di dalam majlis itu mendapat ijabah dari Allah SWT.

6. Menambah rasa cinta sesama muslim

Dengan membagikan daging aqiqah kepada sesama muslim dapat pula meningkatkan rasa solidaritas antara sesama muslim. Hal itulah yang akan menambah rasa cinta terhadap sesama muslim pula.

Seperti itulah pengertian aqiqah dan juga 6 fadhillah atau keutamaan melaksanakan aqiqah menurut Islam. Semoga bermanfaat.


Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.
Tag : Artikel
Back To Top