AQIQAH MAGELANG AL-KAUTSAR

Jasa Layanan Catering Aqiqah Magelang Terbaik yang Direkomendasikan Warga Magelang

3 Materi Ceramah untuk Aqiqah

3 Materi Ceramah untuk Aqiqah


3 Materi Mengenai Ceramah Aqiqah

Ketika melaksanakan tasyakuran aqiqah, sudah pada umumnya dalam inti acara tasyakuran diisi dengan sebuah ceramah. Ceramah aqiqah adalah sebuah wejangan bagi para hadirin yang datang saat walimatul aqiqah anak Anda.
Bagi Anda yang sedang bingung ingin mengisi ceramah aqiqah dengan materi apa, artikel ini akan mengulas tentang 3 materi pokok yang ada pada ceramah aqiqah. Apa sajakah isi materi yang biasa ada pada ceramah aqiqah?

  1. Hukum Melaksanakan Aqiqah
Aqiqah dalam istilah syraiat agama adalah menyembelih hewan untuk anak yang baru lahir. Sembelihan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan niat dan syarat-syarat yang telah diatur oleh agama.
Hukum aqiqah sebagaimana yang diungkapkan oleh kalangan Imam Syafii dan Hambali adalah sunnah muakkadah. Adapun dasar yang dipakai oleh kedua Imam ini adalah hadist Nabi SAW yang berbunyi,
“Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh dari kelahirannya. “
(Hadits Riwayat al-Tirmidzi dan Hasan Shahih)

  1. Makna Aqiqah
Kata aqiqah berasal dari bahasa arab al-aqqu atau al-qat’u yang berarti memotong. Adapula ulama’ yang mengatakan bahwa aqiqah juga berasal dari nama rambut di kepala anak yang baru lahir.
Secara ma’nawiyah, kambing yang disembelih jugadisebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.
Dalam pelaksanaan aqiqah disunahkan bagi orang tua untuk menyembelih dua ekor kambing yang seimbang bagi anak laki-laki dan satu ekor bagi anak perempuan.
Sebagaimana diriwayatkan oleh Ummi Kurz Al-Kabiyyah Ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :
“Bagi bayi laki-laki sembelihlah dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi bayi perempuan cukup satu ekor kambing”. (Hadits Riwayat Tirmidzy dan Ahmad)
Sementara pelaksanaan aqiqah menurut kesepakatan para ulama sendiri adalah pada hari ketujuh dari kelahiran. Sebagaimana dari hadits Samirah di mana Nabi SAW bersabda,
“Seorang anak terikat dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan aqiqah pada pada hari ketujuh dan diberilah ia nama”.
(Hadits Riwayat al-Tirmidzi).
Namun apabila hari ketujuh telah terlewat dan aqiqah tidak bisa dilaksanakan maka bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Sementara jika pada hari ke-14 masih terlewat, maka bisa dilaksanakan pada hari ke-21 atau kapan saja selagi ia mampu.

  1. Orang-orang yang Berhak Mendapatkan Aqiqah
Setelah melaksanakan aqiqah, maka daging aqiqah hendaknya dibagikan kepada orang-orang yang berhak. Siapakah orang-orang yang berhak itu? Orang-orang yang berhak adalah mereka yang paling layak menerima sedekah.
Siapakah orang yang layak mendapatkan sedekah? Mereka adalah orang fakir dan miskin dari kalangan umat Islam. Ya, orang fakir miskin dari kalangan umat sangat diutamakan mendapatkan aqiqah.
Sebagaimana tertulis dari beberapa buah hadis dan juga amalan Rasulullah SAW beserta sahabat Nabi. Di mana selain disunatkan untuk memakan sebahagian daripada daging aqiqah tersebut, maka daging aqiqah juga hendaknya disedekahkan.
Orang yang melaksanakan aqiqah dianjurkan untuk bersedekah sebahagian untuk para fakir miskin. Lalu sebahagian lagi dihadiahkan kepada kerabat, tetangga ataupun saudara.
Ketiga materi tersebut, dari mulai hukum melaksanakan aqiqah, makna tentang aqiqah dan orang-orang yang berhak mendapatkan aqiqah pada umumnya sering menjadi materi untuk isi ceramah saat walimatul aqiqah.

Selain 3 materi tersebut, bisa juga acara walimatul aqiqah diisi dengan tat cara pelaksanaan aqiqah, syarat aqiqah, sunnah aqiqah dst. Semoga materi tentang ceramah aqiqah ini bisa membawa manfaat. Aamiin.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Magelang Al Kautsar. Aqiqah Magelang Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik Aqiqah Magelang Al Kautsar.

Ikuti Instagram @aqiqahalkautsar

Tag : Artikel
Back To Top